Keywords / Kata Kunci:

Senin, 13 Oktober 2008

MATERI MANAJEMEN STRATEJIK

PERTEMUAN III
TIPOLOGI STRATEGI

PENGERTIAN STRATEGI
Hamel dan Prahalad (1995): “Strategi merupakan tindakan yang bersifat incremental (senantiasa meningkat) dan terus menerus, serta dilakukan berdasarkan sudut pandang tentang apa yang diharapkan oleh para pelanggan dimasa datang. Dengan demikian strategi hampir selalu dimulai dari apa yang dapat terjadi dan bukan dimulai dari apa yang terjadi. Terjadinya kecepatan inovasi pasar yang baru dan perubahan pola konsumen memerlukan kompetensi inti (core competencies).Perusahaan perlu mencari kompetensi ini didalam bisnis yang dilakukan.

B. Klasifikasi Strategi
Strategi Generik (Generic Strategy)
Strategi Utama (grand strategy)
Strategi fungsional
Strategi
Generik

C. STRATEGI GENERIK
Dikemukan oleh Porter: suatu pendekatan strategi perusahaan dalam rangka mengungguli pesaing dalam industri sejenis.
1. Strategi generik Wheelen dan Hunger
Strategi stabilitas
Strategi Ekspansi
Strategi Penciutan

2. Strategi Generik Michael R. Porter
Strategi Diferensiasi
Strategi Kepemimpinan Biaya Menyeluruh
Strategi Fokus

3. Strategi Generik Fred R, David
Strategi Integrasi Vertikal
Strategi Intensif
Strategi Diversifikasi
Strategi Bertahan


PERTEMUAN II
PERENCANAAN PERUSAHAAN

Pendekatan dalam membuat perencanaan :
1. Pendekatan Atas-Bawah (Top-down); pendekatan ini dilakukan oleh pimpinan organisasi
2. Pendekatan Bawah-atas (bottom-up); dilakukan oleh pimpinan puncak dgn cara memberikan gambaran situasi dan kondisi yang dihadapi organisasi. Langkah selanjutnya memberi wewenang kpd manajemen tingkat bawahnya untuk menyusun rencana.
3. Pendekatan campuran; pemimpin memberikan petunjuk, sedangkan rencana detailnya diserahkan kepada kreativitas uni diawahnya dengan tetap mematuhi aturan yang ada.
4. Pendekatan kelompok.; perencanaan dibuat oleh sekelompok tenaga ahli dalam perusahaan.

B. Fungsi perencanaan dan rencana
Penerjemah Kebijakan
Perkiraan yang bersifat ramalam
Fungsi ekonomi
Memastikan suatu kegiatan
Alat koordinasi
Alat/sarana pengawasan.

C. Macam-macam perencanaan
Sisi jangka waktu
Perencanaan jangka panjang
Perencanaan jangka menengah
Perencanaan jangka pendek.
2. Sisi tingkatan manajemen
Perencanaan strategis
Perencanaan operasional

D. Perencanaan strategis
Strategi:
1. Apa yang harus dilakukan

2. Mengerjakan sesuatu yg benar
3. Menggunakan pertempuran untuk memenangkan peperangan
Taktik:
1. Bagaimana mengerjakan
2. Mengerjakan sesuatu dgn benar
3. Menggunakan tentara untuk memenangkan pertempuran

1. Model Perencanaan Strategi
A. Model Wheelen-Hunger
B . Modiel Fred R. David
C. Model Glenn Basemen dan Arvind Platak.

2. Penjelasan model
a.Visi, misi, dan falsafah
b. Analisis lingkungan ekternal dan internal
c. Analisis pilihan strateg
d. Sasaran jangka panjang
e. Strategi fungsional
1. Strategi manajemen keungan
2. Strategi MSDM
3. Strategi Manajemen operasional
4. Strategi Manajemen Pemasaran
f. Program, pelaksanaan, pengendalian dan evaluasi.

E. Perencanaan operasional
1. Membuat rencana pemasaran
2. Menganalisa peluang pasar
3. Memilih pasar sasaran.
4. Mengembangkan bauran pemasaran
5. Mengelola usaha pemasaran


PERTEMUAN I 12 Oktober 2008
PENDAHULUAN
APAKAH STRATEGIC BUSINESS UNIT ITU?

A.Pengertian Perusahaan dan Bisnis
Perusahaan diartikan sebagai sebuah organisasi yang memproses perubahan keahlian dan sumberdaya ekonomi menjadi barang dan/atau jasa untuk memuaskan atau memenuhi kebutuhan para pembeli dengan harapan memberikan laba bagi pemiliknya.
Bisnis sebagai seluruh kegiatan yang diorgansasikan oleh orang-orang yang berkecimpung di dalam bidang perniagaan dlm rangka memperbaiki standar serta kualitas hidup mereka.

Konsep Bisnis:
1.Konsep pasar; tempat dimana produk yang dihasilkan produsen ditawarkan kepada pasar potensial, sulit atau bahkan tdk dapat dikendalikan oleh perusahaan.
2.Konsep Produsen; disebut juga lingkungan internal perusahaan yang dapat dibagi atas fungsional-fungsional perusahaan dan tingkatan manajemennya.
3.Konsep Persaingan dan Ekternal lainnya; yaitu kondisi-kondisi yang berada diluar perusahaan dan tidak dapat dikendalikan oleh perusahaan. Meliputi politik, ekonomi, sosial, teknologi, legal dan lingkungan hidup.

4. Konsep Perubahan; dunia terus berubah tak ubahnya pula dunia bisnis. Politik, ekonomi mengakibatkan perubahan situasi pasar dimana produk dijual misalnya perubahan sikap dan perilaku konsumen serta dauh hidup produk. Internal perusahaan juga terjadi perubahan misal dengan sikap dan perilaku SDM termasuk motivasi dan kepuasan mereka.
B. Pengertian dan kedudukan SBU
Perusahaan dibagi 2:
1.Perusahaan yang memiliki lebih dari satu bidang usaha (konglomerat, holding company atau group)
2.Perusahaan yang memiliki hanya satu bidang usaha.

Perusahaan yang memilliki banyak bidang usaha /anak perusahaan menandakan bahwa ia memiliki beberapa unit bisnis (strategic business unit) atau disingkat SBU.
Setiap perusahaan memiliki strategi. Tingkatan strategi pada perusahaan konglomerasi, holding atau group terdiri dari tiga tingkatan:
1.Corporate Strategy
2.Business Unit Strategy
3.Functional Strategy
Tingkatan pada perusahaan kecil:
1.Corporate Strategy
2.Functional Strategy

Konsep SBU pertama diperkenalkan oleh Mc Kensey & Co dalam kerjasamanya dengan General Electric. SBU adalah suatu cara mengelola sebuah bisnis sehingga tiap unit menjual sekumpulan produk/jasa kepada sekumpulan pelanggan dalam persaingan dgn sekumpulan pesaing. SBU-SBU dikelola secara terpisah dengan sekumpulan tujuan dan sasaran mereka sendiri-sendiri. Sumber daya, biaya, dan keuntungan menjadi tanggungjawab tiap unit secara terpisah.
Strategi secara keseluruhan mengacu kepada pendapat Porter:
1.Strategi Diferensiasi
2.Strategi Kepemimpinan biaya menyeluruh
3.Strategi Fokus

Ciri-ciri SBU:
1.External Focus
2.Identifiable Competitor
3.Autonomous Profit Center
4.Distinct Marketing Strategy
5.Separate Accounting





Tidak ada komentar: